Mengetahui Bagaimana AC Bekerja

Ingin tahu lebih jauh tentang AC?

Kalau anda tinggal di negara tropis seperti Indonesia, AC (pendingin udara) mungkin menjadi kebutuhan wajib anda. Dengan tingkat panas dan kelembapan cukup tinggi yang terus bertahan sepanjang tahun, siapa yang akan menolak embusan angin dingin nan sejuk?

Sebagian besar dari anda mungkin telah terbiasa dengan udara dingin yang dihasilkan oleh AC. Anda mungkin sadar bahwa mesin pendingin udara tersebut butuh mendapatkan perawatan berkala, setidaknya 3 bulan sekali. Anda mungkin tahu tentang perawatan AC sedikit lebih banyak dari orang-orang di sekitar anda. Anda bahkan mungkin pernah mencoba untuk membersihkan filter AC anda sendiri, dan cukup puas dengan hasil kerja anda.

Semua pengalaman tersebut membuat anda semakin penasaran dan mungkin ingin tahu lebih jauh tentang mesin rumit yang konon telah meringankan beban hidup umat manusia di seluruh dunia. Mungkin karena ingin membuka toko AC milik anda sendiri suatu hari nanti, atau mungkin karena anda ingin menghemat biaya dengan mencoba memperbaiki AC anda sendiri. Sebuah pepatah cina pernah berkata, "Belajar adalah harta yang akan mengikuti pemiliknya kemana pun.". Apapun alasannya, tidak ada salahnya untuk tahu lebih jauh tentang hal-hal di sekitar anda, terutama tentang AC.

Di posting ini, Klik Tukang akan memberi anda gambaran singkat mengenai komponen AC dan fungsinya. Semoga materi ini bisa membantu kita untuk memahami lebih jauh tentang cara kerja AC dan perawatannya.

Komponen AC dan Fungsinya

Tugas utama dari AC adalah mendinginkan suhu dalam ruangan. Tapi bukan hanya itu saja. AC modern juga dilengkapi fungsi untuk memantau dan memonitor suhu udara, penurun kelembapan, dan sebenarnya bisa juga berfungsi sebagai pemanas udara. Peran-peran AC yang beragam ini didukung oleh komponen-komponen di dalamnya, yaitu :

  • Thermostat : memantau dan memonitor suhu udara
  • Refrigerant (freon) : biasa dikenal dengan nama freon, mudah diubah dari gas menjadi cair, dan sebaliknya. Mendinginkan dan menurunkan kelembapan udara.
  • Kompresor : meningkatkan tekanan freon, memompa larutan dari evaporator menuju condenser dan expansion valve, lalu kembali ke evaporator
  • Evaporator : menguapkan cairan freon menjadi gas dan menyerap panas selama proses berlangsung. Juga berfungsi untuk menghilangkan air atau cairan lainnya dari dalam larutan.
  • Condensor : memiliki fungsi pengubah panas yang bisa mendinginkan dan mengkondensasi uap freon berubah menjadi cair
  • Expansion Valve (Katup Ekspansi) : mengontrol jumlah freon yang berjalan di dalam sistem
  • Fan/Blower : menarik udara panas dan membawanya keluar ruangan, meniupkan udara dingin ke dalam ruangan
  • Fan Axle (Poros Turbin) : memutar Fan/Blower
  • Filter : menyaring partikel-partikel seperti debu, jamur, lumut menggunakan saringan micro fiber
  • Drainage System and Pan (Sistem drainase) : menyimpan sisa air hasil proses kondensasi. Beberapa jenis AC memiliki sistem perpipaan yang berguna untuk menyalurkan air kondensasi keluar ruangan/gedung
[caption id="attachment_1092" align="aligncenter" width="536"]the components of an air conditioner the components of an air conditioner[/caption] 

Bagaimana cara AC mendinginkan udara

Cara kerja AC dan kulkas bisa dibilang mirip, kedua mesin tersebut menggunakan freon yang bisa berubah dari gas menjadi cair, dan sebaliknya. Secara simpel, beginilah cara AC bekerja :

  1. Compressor memompa uap freon menuju condenser
  2. Condenser mengubah uap kondensor menjadi cair. Proses pendinginan terjadi selama gas freon berpindah dari compressor menuju condenser. Proses pendinginan terjadi karena adanya udara yang ditiupkan dari luar pipa yang menyimpan freon
  3. Expansion valve mengontrol jumlah freon yang digunakan di dalam sistem
  4. Evaporator mengubah freon cair kembali menjadi gas. Ini adalah proses dimana AC meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Pendinginan udara terjadi karena udara yang ditiup dari evaporator melakukan kontak dengan freon.

Perawatan dan Pemeliharaan AC

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memelihara kinerja prima AC anda :

  • Bersihkan atau ganti filter AC anda
  • Periksa penampung air dan pipa yang mengalirkan air-air hasil kondensasi, pastikan tidak ada debu, lumut atau jamur yang bisa menghambat kinerja AC anda
  • Cek apakah ada kebocoran
  • Gunakan aplikasi mobile Klik Tukang untuk mendapatkan perawatan dan pemeliharaan AC yang terbaik. Kami di Klik Tukang berkomitmen untuk memberi anda layanan pencarian Tukang yang cepat, berkualitas, dan terpercaya. Layanan kami mencakup pemasangan/reparasi/perawatan AC, listrik, pipa, kunci dan peralatan rumah tangga lainnya. Klik Tukang : search for tukang in just a few kliks!
SaveSaveSaveSaveSave