Segala Hal tentang Slow Cooker!

Ingin memasak hidangan sehat untuk keluarga?

Mari memasak menu sehat dengan Slow Cooker!

Slow cooker adalah alat dapur berupa tungku elektrik yang biasa digunakan untuk memasak makanan dalam waktu yang lama, dan dalam suhu yang relatif rendah (jika dibandingkan dengan metode masak lainnya seperti menggoreng, merebus atau memanggang). Waktu yang cukup lama untuk memasak tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan hidangan yang bergizi tinggi, contohnya sup dan bubur.

Slow cooker mungkin sudah lebih dikenal di luar negeri seperti Eropa dan Amerika, namun di Indonesia, sebagian besar orang mengenal slow cooker sebagai 'peralatan perang' wajib untuk MPASI (Makanan Pendamping ASI). Fase MPASI adalah masa dimana bayi/balita yang sebelumnya hanya mendapatkan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif, mulai diperkenalkan dengan ragam bahan makanan lainnya. Pengenalan ini dilakukan bertahap, dimulai dari bubur, puree, kemudian berangsur-angsur menjadi lebih padat seiring perkembangan umur si bayi/balita. Kebutuhan akan makanan lembut dengan kandungan gizi tinggi inilah yang menyebabkan permintaan akan Slow Cooker di Indonesia semakin meningkat.

Namun, satu hal yang harus diingat : slow cooker itu bukan hanya pembuat makanan bayi/balita. Memang fungsi utama slow cooker adalah memasak makanan menjadi lembut tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya, tapi slow cooker juga bisa digunakan untuk memasak bahan makanan lain seperti, sup, bahkan mengempukkan daging berbumbu.

[caption id="attachment_1127" align="aligncenter" width="450"]Memasak menu sehat dengan slow cooker Salah satu merek slow cooker terkenal. Gambar dari crock-pot.com[/caption]

Apa saja kelebihan Slow Cooker?

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan lewat Slow Cooker :

  1. Sangat menyehatkan! Slow cooker terkenal dengan fungsi 'penyimpan nutrisi'-nya. Ternyata, metode masak slow cooker yang terhitung cukup lama dengan suhu rendah dan kondisi tertutup inilah yang menyebabkan gizi bahan makanan tetap terjaga.
  2. Melembutkan segala jenis daging. Bisa digunakan untuk memanggang roti, juga memasak sup sampai kaldu.
  3. Simpel dan mudah. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan makanan secara terpisah, memasukkannya ke dalam slow cooker, menuangkan air, setel waktu dan suhu, kemudian biarkan slow cooker memasak makanan anda. Berbeda dari metode memasak biasa yang membutuhkan perhatian ekstra, dengan slow cooker, anda bisa melakukan kegiatan rumah tangga lainnya seperti mencuci, menyeterika, bahkan mungkin mengantar anak anda kursus piano. Anda bisa menyelesaikan kesibukan anda di luar rumah, slow cooker akan memastikan makanan bergizi dan lezat untuk keluarga anda telah siap disantap saat anda pulang nanti.
  4. Hemat biaya. Slow cooker yang bermutu bagus mengkonsumsi daya listrik yang relatif kecil. Merek slow cooker tertentu bahkan memproduksi slow cooker berbahan pot keramik, sehingga bisa juga langsung digunakan di atas kompor.

Cara menggunakan Slow Cooker

Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan slow cooker :

  1. Perhatikan jumlah air yang anda tuangkan pada slow cooker. Disarankan untuk mengisi air antara setengah tinggi pot sampai 2/3-nya.
  2. Perhatikan setelan waktu memasak. Bahan makanan yang berbeda (daging, sayur, atau beras) membutuhkan waktu memasak yang berbeda. Mohon diingat bahwa slow cooker adalah alat untuk memasak makanan dalam waktu yang lama (yang nantikan akan menjaga gizi yang baik untuk kesehatan anda). Jadi kalau anda berniat untuk membutuhkan makanan matang dalam waktu yang lebih singkat, slow cooker bukan alat yang tepat.
  3. Sebagian besar slow cooker yang beredar di pasaran memiliki 2 setelan suhu : high and low. Beberapa merek memiliki setting 'keep warm'. Seberapa tinggi suhu yang anda butuhkan tergantung dari bahan makanan yang anda masak.
  4. Kalau anda benar-benar ingin memasak tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya, anda harus benar-benar membiarkan slow cooker anda bekerja dengan maksimal. Jangan memeriksa kematangan makanan (atau sekadar ingin mencium aromanya) dengan cara membuka tutup slow cooker berkali-kali. Hal ini bukan hanya menyebabkan pengurangan nutrisi, juga bisa menambah waktu memasak menjadi lebih lama. Bersabarlah dan biarkan slow cooker anda bekerja, sehingga hidangan lezat dan hangat anda bisa siap pada waktunya.
  5. Gunakan termometer untuk memeriksa tingkat kematangan makanan anda. Kita tahu bahwa makanan yang kurang matang (bahkan mungkin mentah) bisa menyebabkan efek-efek yang tidak diinginkan. Jadi jangan lupa untuk memeriksa kematangan makanan anda dengan teliti.
  6. Panaskan slow cooker sebelum memasukkan bahan makanan, dan jangan menambahkan makanan beku ke dalam masakan anda. Karena suhu slow cooker yang relatif rendah, makanan beku akan lebih sulit dicairkan, dan ini bisa menyebabkan hidangan anda kurang matang.
  7. Disarankan untuk menambahkan produk susu (keju, susu, krim, yoghurt) pada 15 menit akhir. Hal ini disebabkan karena suhu rendah slow cooker berpotensi untuk merusak kandungan susu.
  8. Pindahkan hidangan matang anda setidaknya satu jam setelah selesai dimasak. Meskipun slow cooker anda memiliki setting 'keep warm', jangan menggunakan slow cooker untuk memanaskan ulang hidangan anda. Panaskan ulang dengan kompor atau microwave, baru pindahkan kembali ke dalam slow cooker.
  9. Terakhir, jangan lupa untuk menyalakan slow cooker anda sebelum menggunakannya. Anda tidak mau menunggu lama dan ternyata makanan anda belum matang, bahkan mungkin sudah berkurang kualitasnya karena dibiarkan terlalu lama bersama bahan makanan mentah lainnya.

Cara merawat Slow Cooker

  1. Matikan slow cooker dan cabut listriknya sebelum dibersihkan.
  2. Bersihkan bagian-bagian yang bisa dilepas (tutup, pot) secara terpisah.
  3. Bersihkan sisa makanan yang membandel dengan merendam dan memasaknya dengan air selama beberapa jam. Tambahkan sedikit baking soda untuk hasil yang lebih sempurna.
  4. Bersihkan sampai ke bagian-bagian terkecil. Gunakan kain yang sedikit basah untuk membersihkan segala jenis noda. Mulai dari bagian bawah rice cooker hingga penutup. Dari dalam hingga luar.
  5. Kalau slow cooker anda rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, panggil jasa servis profesional untuk menangani. Cara tercepat dan termudah untuk mencari tukang yang bisa membetulkan slow cooker anda adalah dengan menggunakan aplikasi mobile Klik Tukang. Klik Tukang akan membantu anda mencari tukang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pelayanan kami mencakup jasa servis instalasi/reparasi/perawatan untuk pendingin udara (AC), perpipaan, kunci, listrik dan elektronik rumah tangga lainnya (contohnya mesin cuci, microwave, dan tentu saja slow cooker). Aplikasi mobile kami sudah bisa didapatkan via Google Play dan App Store. Klik Tukang : search for tukang in just a few kliks!
SaveSaveSaveSaveSave